sK8ERz92’z Blog
..Blogna aNk sMP nIe..

Ayo Aktif di Kelas

Sekarang bukan jamannya lagi untuk ga aktif di kelas alias pasif. Karena sekarang sekolah memberikan penilaian terhadap keikutsertaan aktif di kelas. Kalaupun nilai akademis kita baik tapi tidak ditunjang oleh partisipasi kelas yang memadai bisa jadi nilai akhir keseluruhan tidak akan sebaik yang diharapkan.

Nah, sekarang coba deh tengok lagi kira-kira apa yang membuat kita merasa berat untuk aktif. Umumnya penyebab kita pasif adalah rasa malu, yang timbul karena tidak terbiasa untuk mengungkapkan pendapat secara langsung. Tapi tenang saja, ada solusinya kok. Banyak mencari referensi dari buku supaya kita menguasai materi yang akan didiskusikan. Jadi kalaupun nanti ada perbedaan pendapat, tidak usah khawatir, karena argumen kita ada dasarnya.

Sudah siap untuk terlibat diskusi? Ayo ikuti tip di bawah ini supaya tambah mantap :
Simak baik-baik apa yang guru dan teman-teman lain sampaikan.
* Catat poin-poin yang ingin disampaikan, bisa berupa pertanyaan atau tanggapan. Dalam diskusi, pertanyaan sama berharganya lho dengan pendapat karena itu menunjukkan bahwa kita sudah mau mengerti pendapat orang lain.
* Sebelum memberi pendapat, lebih bagus lagi kalo kita menyampaikan dulu ringkasan dari pembicara yang sebelumnya. Ini menunjukkan kalo kita menyimak acara diskusi dengan baik.
* Sampaikan pendapat dengan lugas, artinya langsung ke inti masalah, tidak putar-putar dulu bisa membingungkan. Kalau perlu lihat catatan yang telah dibuat.
* Ketika beragumen, awali dengan mengambil contoh dari sumber referensi tertentu untuk menguatkan dasar argumen.
* Begitu selesai menyampaikan pendapat, tidak ada salahnya menanyakan apakah para peserta diskusi telah jelas dengan apa yang kita sampaikan.

– Dirangkum dari berbagai sumber.

Belum Ada Tanggapan to “Ayo Aktif di Kelas”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: